Total Tayangan Halaman

Cara Mendongkrak Hasil Panen Ikan Nila

Cara Mendongkrak Hasil Panen Ikan Nila

Ikan Nila merupakan jenis ikan untuk dikonsumsi, dan ikan ini hidup di air tawar. Tak heran banyak orang yang memilih membudidayakan ikan jenis ini, karena teknik budidaya yang sangat mudah, simpel, bisa dibudidayakan dirumah ataupun di lahan yang luas dan di dukung oleh semakin tinggi nya permintaan pasar.



Karena begitu banyaknya peluang yang didap[atkan oleh ikan nila, mari kita simak bagaimana cara budidaya ikan nila yang sukses dan cepatpanen dalam waktu singkat :

Potensi Budidaya Ikan Nila :

> Memiliki daya tahan yang sangat tinggi dengan perubahan lingkungan yang tinggi.

> Memiliki daya adaptasi yang tinggi.

> Bersifat omnivora.

> Pertumbuhannya yang sangat cepat.

> Tahan dan kebal terhadap serangan penyakit dan virus.

Kelebihan Budidaya Ikan Nila :

> Cepat berkembang biak

> Sangat mudah untuk dibudidayakan

> Dapat di budidayakan di berbagai kolam

> Kaya akan gizi dan vitamin.

Cara Budidaya Ikan Nila :

1. Tempat Pemeliharaan

Tempat pemeliharaan atau sering disebut dengan kolam, jenis kolam yang sangatlah bagus yaitu bekas persawahan, tambak, terpal dan bahkan bisa dibuat dengan semen. Agar menghemat biaya gunakanlah kolam terpal.

2. Pembuatan Kolam.

Untuk ukuran kolam yang ideal berukuran antara lebar = 2 x 2 m, dengan tinggi = 2,5m. Dalam ukuran ini anda dapat membudidayakanikan nila sebanyak 15 ribu ekor.

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit ini secara detil dan penuh dengan kejelian agar tidak ada kekeliruan dalam pemilihan bibit dan benih. Sebaiknya pembelian bibit ikan nila di tempat pembenihan, supaya benih atau bibit yang kita dapatkan terjamin kualitas dan kesehatan nya. Sebelum bibit di lepaskan ke kolam, sebaiknya kolam yang diisi air diberikan larutan TON terlebih dulu. Gunanya untuk menetralkan berbagai gas dan senyawa beracun yaitu amonik da H2S. Selain itu juga akan menumbuhkan plankton sebagai pkan alami ikan.

4. Perawatan Ikan Nila

Tahap selanjutnya, perawatan ikan nila ini dilakukan secara intensif dengan cara sebagai berikut.

> Pemberian pakan 2 x dalam sehari yakni pagi dan sore dengan ditambah Viterna plus 2 - 5 cc / liter / kg pakan dan Poc Nasa  2 - 5 cc / 3 - 5 kg pakan ( dicampur dengan pakan / pelet lalu tiriskan )

>  Berikan TON ( Tambak Organik Nuasantara ) setiap 15 - 20 hari sekali.

> Selalu menjaga kestabilan air ( sebaiknya air selalu mengalir )

5. Penyakit Pada Ikan Nila

> Stres ,karena air yang tidak pernah diganti. Cara menanganinya dengan mengganti air secara berkala. Berikan TON dengan cara dilarutkan dalam air terlebih dulu lalu di siramkan ke kolam.

> Kurang nafsu makan, karena kurangnya pemberian vitamin pada ikan. Berikan viterna 1 tutup botol dengan cara dicampurkan denagan pelet ikan.

> Terserang penyakit, hal ini dikarenakan zat asam yang terlalu berlebihan pada air. Cara menanganinya, kuras air hingga kelihatan ikannya ( sisakan air jangan sampai habis ) kemudian isi kembali air seraya taburkan larutan TON ke kolam.

6. Pasca Panen

Secara umum ikan nila di panen 4 - 6 bulan tergantung perawatan dalam pembudidayaan. Agar hasil produksi dapat maksimal vitamin yang wajib diberikan adalah sebagai berikut :

> TON ( Tambak Organik Nusantara )
> POC NASA
> VITERNA Plus


SEMOGA CARA DIATAS DAPAT BERMANFAAT

Info Pemesanan Produk Hubungi
DARNANTO
Kode N - 569472
Phone / sms / Wa 083865268226
Bbm d14daa2f
email : darnantonasa@gmail.com
www.distributornasaresmi.com

0 Response to "Cara Mendongkrak Hasil Panen Ikan Nila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel