Total Tayangan Halaman

Cara Mengatasi Kelumpuhan Mendadak Pada Sapi


Cara Mengatasi Kelumpuhan mendadak Pada Sapi

Cara mengatasi kelumpuhan mendadak pada sapi - 
Kasus sapi lumpuh mendadak yang banyak dikeluhkan peternak di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, ternyata merupakan penyakit musiman. Hal itu dikatakan Asrori, salah satu petugas kesehatan hewan dari Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan, yang berdinas di Kampung tersebut. Bahkan, penyakit tersebut tak hanya menerpa sapi di Tembudan saja, melainkan juga dialami sapi di Kampung Batu Putih.

cara mengatasi kelumpuhan mendadak pada sapi
"Biasanya sapi itu mengalami demam tiga hari disertai lumpuh mendadak. Itu musiman saja, dan banyak terjadi saat musim hujan," ungkapnya saat dihubungi. Ditanya, apakah penyakit tersebut bersifat ganas dan dapat mengakibatkan kematian pada ternak sapi? Asrori menjawab, '' penyakit tersebut tidak terlalu membahayakan. Faktanya, sejauh ini pihaknya belum menemukan ada ternak sapi yang mati akibat penyakit tersebut.''

"Sejauh ini baik dari Kampung Tembudan maupun dari Batu Putih belum ada sapi yang mati. Kebanyakan sembuh sendiri, paling lama itu tiga hari, habis itu kembali normal," jelasnya. Ia juga menyampaikan, apabila ada sapi warga yang kembali diserang penyakit yang sama ia menyarankan agar peternak segera melaporkannya.
"Peternak bisa meminta bantuan petugas kesehatanan hewan setempat, atau bisa juga memberikan air gula untuk pengobatan sapinya," sarannya.

Ia juga tak henti-hentinya meminta peternak sapi untuk terus menjalin komunikasi dengan pihaknya, agar dapat saling berbagi informasi terkait keluhan peternak mengenai penyakit sapi.
Sebelumnya diberitakan, sejumlah peternak sapi di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih keluhkan penyakit lumpuh mendadak yang akhir-akhir ini banyak menyerang ternak di kampung tersebut. Berdasarkan keterangan dari sejumlah peternak sapi, penyakit tersebut menyerang tak memilih usia ataupun jenis kelamin sapi.

Seperti yang diutarakan Latekka, warga RT 6 di kampung tersebut. Ia mengatakan, meskipun kelumpuhannya bersifat sementara, namun ia tetap merasa khawatir terhadap serangan penyakit tersebut. Apalagi penyakit tersebut menyerang sapi- sapinya secara bergantian.



Dengan adanya permasalahan tersebut, diperlukan tindakan nyata untuk mengatasinya. PT. Natural Nusantara ( NASA ) memberikan alternatif solusi dibidang nutrisi ternak, yaitu dengan menghadirkan produk bernama VITERNA yang bertujuan agar usaha peternakan dapat lebih efektif ( mampu menaikan produksi secara kuantitas dan kualitas ), lebih efisien ( mampu memberikan keuntungan ekonomi ) dengan teknologi yang aplikatif ( mudah diterapkan dan di mengerti oleh peternak ).

Viterna merupakan suplemen nutrisi murni yang siap di cerna , serta mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencernaan ternak. Dengan basis teknologi asam amino, Viterna mampu memacu sistesis / pembentukan protein tubuh ternak.

Viterna mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan ternak yaitu :
  • Karbohidrat, digunakan sebagai sumber energi.
  • Protein, di gunakan sebagai sumber asam amino yang diperlukan untuk pembentukan sel - sel baru, perbaikan sel - sel yang rusak, sebagai enzim dan beberapa hormon.
  • Lemak, digunakan sebagai sumber energi, pelarut lemak dan sebagai hormon.
  • Vitamin, untuk memelihara berbagai fungsi organ dan jaringan tubuh agar berfungsi secara normal.
  • Mineral digunakan untuk bahan baku pembentukan tulang dan gigi.
☼ Pengaruh Viterna terhadap ternak meliputi 3 ( tiga ) ukuran produktifitas dalam budidaya peternakan yaitu :

1. Kuantitas
  • Secara kuantitas produktifitas ternak diukur dengan pertumbuhan, banyak sedikitnya hasil produksi dan jumlah keturunannya. Dalam perhitungan Viterna dapat meningkatkan efisiensi budaya, karena perbandingan antara pakan dengan bobot hidup ternak menjadi lebih kecil atau nilai FCR menurun.
2. Kualitas
  • Secara kualitas, produktifitas dinilai dengan mutu produk yang dihasilkan. Daging yang menggunakan viterna mempunyai kadar protein yang lebih tinggi dan kadar lemak yang sedikit, kandungan kolesterol pun menurun karena pembentukan lemak daging yang sedikit.
3. Kesehatan
  • Kesehatan bagi ternak sangat penting, karena syarat mutlak mendapatkan produksi optimal adalah ternak dalam keadaan sehat. Banyak hal yang menimbulkan penyakit pada ternak, diantaranya virus, bakteri, jamur, zat-zat anti nutrisi, faktor fisik, faktor cuaca dll. Viterna sangat berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada ternak.
Aplikasi dan Dosis

Aplikasi Viterna sangatlah mudah yaitu dengan dicampur air minum atau pada komboran pakan ( untuk ternak besar ). Dosis untuk masing - masing ternak berbeda - beda, yaitu :
- Untuk ayam : 1 - 2 cc / liter air minum
- Untuk sapi, kerbau, kuda : 10 cc / hari ( 1 tutup botol / hari )
- Untuk kambing, domba, babi : 5 -7,5 cc / liter / hari

Dengan dosis dan cara tersebut tidak akan menambah beban biaya tinggi pada biaya produksi. Sehingga tujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi usaha peternakan dapat tercapai.

CATATAN : Untuk hasil yang lebih optimal, Viterna di campur dengan Hormonik, yaitu 1 tutup botol hormonik dicampur dengan 1 tutup botol viterna.



Demikian Vitamin Ternak  untuk mengatasi kelumpuhan mendadak pada sapi. Dan untuk lebih lengkap tentang manfaat atau kegunaan Viterna, silahkan hubungi agen resmi PT. Natural Nusantara di bawah artikel ini.

Distributor Resmi PT. Natural Nusantara
Darnanto, kode N - 569472
Phone / wa : 083865268226
Email : darnantonasa@gmail.com
Web : distributornasaresmi.com

0 Response to "Cara Mengatasi Kelumpuhan Mendadak Pada Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel