Total Tayangan Halaman

Cara Mengobati Luka Pada Sapi

Cara Mengobati Luka Pada Sapi

Cara mengobati luka pada sapi - 
Hewan ternak seperti sapi sangat mudah terluka pada bagian tubuhnya khususnya jika dipelihara kurang baik. Banyak peternak yang baru menyadari luka pada sapi tersebut ketika sudah semakin parah namun sebenarnya harus segera ditangani sedini mungkin agar tidak terlanjur parah. Luka pada sapi yang hanya dibiarkan nantinya bisa bertambah parah hingga merobek kulit sapi sehingga semakin sulit ditangani.

cara mengobati luka pada sapi

Hewan ternak seperti sapi bisa terluka dimana saja seperti saat di kandang, ketika digembalakan dan juga pengangkutan khususnya pengangkutan darat dengan menggunakan truk.
Jika budidaya sapi potong yang diangkut ke RPH atau pribadi dan akan dipotong langsung mungkin luka tersebut tidak menjadi permasalahan yang serius. Namun jika luka menyebabkan kulit sapi berubah menjadi kulit afkir, maka harga kulit sapi bisa semakin murah yang tentunya merugikan.
Untuk menghindari luka pada tubuh sapi, maka ketika dipelihara dalam kandang harus dilakukan dengan baik dan kesehatan sapi juga harus diperhatikan sehingga penyakit hewan dan juga luka pada hewan ternak bisa dicegah.

Saat sapi yang terluka tidak segera diobati, maka bisa bertambah parah kemudian bisa terjadi infeksi, borok dan bahkan menjadi sarang belatung. Namun jika sapi sudah terlanjur luka, maka yang harus anda lakukan adalah mencuci dahulu dengan air hangat, kemudian bisa anda praktekkan pengobatannya seperti cara berikut ini :

1. Tangkai Daun Talas
  • Tangkai daun talas bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka pada sapi. Tangkai daun talas mengandung senyawa flavonoid yang bersifat anti bakteri sehingga bisa bekerja untuk membentuk senyawa kompleks sebagai pengganggu stabilitas membran sel bakteri yang memicu infeksi luka pada sapi. Selain itu, senyawa flavonoid dalam tangkai daun talas juga memiliki sifat penting lain yaitu sebagai anti inflamasi atau anti radang.
  • Senyawa ini efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat luka sehingga tidak membuat sapi menjadi stress. Sedangkan tanin dalam tangkai daun talas juga bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara astringen yang bisa mengecilkan pori pori untuk meminimalisir pendarahan. Cukup dengan memarut batang daun talas kemudian langsung dibalurkan pada luka sapi yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan air hangat.
2. Larutan Garam Steril
  • Larutan garam steril seperti yang biasa tersedia dalam kotak P3K manusia, namun juga bisa digunakan untuk mencuci luka pada sapi yang terkontaminasi.
  • Bakteri dan juga serpihan pada luka bisa dibersihkan lebih dulu dengan air, namun larutan garam memiliki pH yang sama dengan jaringan tubuh sehingga lebih cocok digunakan untuk mengurangi kerusakan jaringan tubuh sapi. Gunakan larutan garam dalam jumlah yang banyak dan gunakan larutan tersebut untuk mencuci area luka hingga bersih supaya luka sapi tidak bertambah parah dan infeksi.
3. Minyak Kelapa
  • Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa sangat efektif untuk melawan bakteri berbahaya, virus, ragi, jamur dan juga parasit sehingga sangat ideal digunakan untuk menyembuhkan luka baik pada manusia termasuk hewan seperti sapi. Minyak kelapa merupakan minyak pembawa yang sangat baik sehingga sering digunakan sebagai minyak esensial untuk mengatasi segala masalah kulit. Minyak kelapa juga aman digunakan meski ketika dijilat oleh sapi.
4. Cuka Sari Apel
  • Cuka sari apel sudah sejak lama digunakan untuk berbagai penyakit seperti menyembuhkan luka pada manusia yang juga bisa digunakan untuk hewan ternak seperti sapi. Cuka sari apel bisa diterapkan pada luka, mengatasi infeksi kulit, gatal - gatal, kutu, memperbaiki lapisan kulit, membantu proses penyembuhan dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan cuka sari apel sebagai penyembuh luka pada sapi yakni dengan mencampur cuka apel bersama air kemudian digunakan untuk membalut area luka pada sapi yang dilakukan secara berkala hingga sembuh.
Selain cara tersebut untuk menjaga kesehatan, kebersihan kandang pun harus dijaga. Pemberian vitamin dimaksudkan untuk menjaga kesehatan sapi dan juga memberi sistem imun dari segala penyakit. Salah satu Vitamin yang direkomendasikan adalah Viterna plus

VITERNA plus adalah salah satu produk Best Seller dari PT. Natural Nusantara ( Nasa ) yang merupakan vitamin dan nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan dan penggemukan ternak, sehingga pemeliharaan ternak hanya berkisar antara 3 - 4 bulan sudah optimal dan siap dipasarkan ke pasar ekspor luar negri atau dunia. Dengan menggunakan viterna inipeningkatan nafsu makan pada ternak akan meningkat dan seiring dengan ini, bobot dan pertumbuhan ternak juga meningkat ( cepat besar / gemuk ) serta sehat, juga mengurangi baudan kotoran ternak.

MANFAAT VITERNA Plus
  • Meningkatkan kuantitas daging
  • Meningkatkan kuwalitas daging ( mengurangi kandungan kolesterol )
  • Meningkatkan kesehatan ternak (menjaga daya tahan tubuh ternak terhadap serangan penyakit)
  • Memacu enzim-enzim yang terdapat dalam pencernaan ternak
  • Memberi mineral esensial maupun non esensial
  • Menambah efesiensi dan efektifitas pakan ternak TDN
  • Menyediakan berbagai macam nutrisi alami bagi ternak ( protein, mineral, lemak dan vitamin )
  • Meningkatkan kandungan asam lemak yang terdapat dalam rumen dan lambung ternak
  • Mempercepat pertumbuhan ternak karena mengandung hormon organik
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengurangi jumlah kotoran dan juga bau kotoran
  • Aman bagi ternak dan lingkungan karena produk organik alami.
☼ KANDUNGAN VITERNA
  • Mineral alami N, P, Ca, K, Mg, Na, Ci, S, Fe, Zntty ac, Cu, Mn, I, Co, Mb, Se
  • Vollatil Fatty Acid
  • Asam-asam Amino
  • Vitamin A, D, E, K, B komplek dan C

☼ CARA PENGGUNAAN VITERNA
  • Ternak besar (sapi, kerbau, kuda) : 10 cc atau 1 tutup botol dicampur air minum atau pakan basah ternak
  • Ternak kecil ( kambing, kelinci, babi) 5cc atau 0,5 tutup untuk dicampur air minum atau pakan basah
  • Unggas (ayam, puyuh, itik) : 10cc atau 1 tutup botol dicampur 10 liter air untuk minum unggas
  • Ikan dan udang : 1 tutup botol viterna campur air 1liter untuk disemprotkan ke pakan sekitar 3kg agar meresap ke dalam pakan/pellet
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa ditambahkan poc nasa dan hormonik ( 1 - 2 ttp botol )



Baca Juga : Rahasia Ternak Babi Cepat Besar dan Sehat

Informasi Pemesanan Produk Hubungi :
Distributor Resmi PT. Natural Nusantara
DARNANTO kode N-569472
Phone/ sms/ Wa : 083865268226
Email : darnantonasa@gmail.com
www.distributornasaresmi.com

0 Response to "Cara Mengobati Luka Pada Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel