Total Tayangan Halaman

Tips Pemupukan Kelapa Sawit Agar Berbuah Banyak


Tips Pemupukan Kelapa Sawit Agar Berbuah Banyak

Tips Pemupukan Kelapa Sawit Agar Berbuah Banyak - Cara memupuk kelapa sawit sangat diperhatikan biarpun tanaman sawit tergolong tanaman keras juga diperlukan pupuk. Akan tetapi pemberian pupuk tidaklah secara terus menerus, Waktu pemupukan pada saat curah hujan kecil. Pupuk yang baik untuk tanaman sawit yaitu pupuk yang dapat merangsang perakaran dan memperbaiki keasaman tanah. Untuk mengahsilkan kelapa sawit yang maksimal pemupukan kelapa sawit harus diperhatikan dosis dan prosedur pemupukannya.

tips pemupukan kelapa sawit agar berbuah banyak

Cara memupuk kelapa sawit sangat diperhatikan biarpun tanaman sawit tergolong tanaman keras juga diperlukan pupuk. Akan tetapi pemberian pupuk tidaklah secara terus menerus, Waktu pemupukan pada saat curah hujan kecil. Pupuk yang baik untuk tanaman sawit yaitu pupuk yang dapat merangsang perakaran dan memperbaiki keasaman tanah. Untuk mengahsilkan kelapa sawit yang maksimal pemupukan kelapa sawit harus diperhatikan dosis dan prosedur pemupukannya.

Pemupukan kelapa sawit dilakukan sebanyak 2 kali setahun. Hal tersebut tergantung pada keadaan lahan, umur dan kondisi tanaman kelapa sawit itu sendiri. Cara memupuk sawit pada tanah berpasir dan tanah gambut berbeda dengan tanah lainnya, yaitu membutuhkan jumlah pupuk yang lebih banyak.

Bagi para pemilik perkebunan kelapa sawit, teknik pemupukan mungkin sudah tidak asing lagi. Namun terkadang, meskipun telah melakukan pemupukan masih saja ada tanaman sawit yang tidak tumbuh dengan baik dan buah yang dihasilkan juga kurang maksimal.

Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Benar Agar Berbuah Banyak
  1. Bersihkan terlebih dahulu ( piringan ) pada tanama kelapa sawit dari gulma seperti rumput dan alang - alang. Sebab hal ini sangat bermanfaat bagi pohon kelapa sawit dan tandan buah sawit. Sehingga pemupukan kelapa sawit yang akan dilakukan bisa berjalan mulus dan meresap maksimal kedalam pohon kelapa sawit.
  2. Khusus untuk areal datar, pupuk ditaburkan merata 0,5 m dari pohon kelapa sawit sampai pirigan melingkar. Lakukan hal yang sama untuk semua pohon kelapa sawit yang berada di areal datar tersebut secara merata.
  3. Tempat penyebaran pupuk adalah tempat pupuk ditaburkan. Artinya jangan menyebarkan pupuk yang bukan semestinya atau tidak ditempatnya, karena akan mempengaruhi proses pemupukan kelapa sawit yang dilakukan.
  4. Jika terdapat jenis pupuk yang tidak boleh dicampur. Sebaiknya tempat penaburannya dipisahkan dan diberi jarak sekitar 12 hari antara satu pupuk dengan pupuk yang lainnya.
  5. Pupuk dianjurkan untuk disebarkan pada pohon kelapa sawit yang memiliki akar-akar rambut paling banyak. Letaknya kira-kira dekat mahkota daun bagian yang terluar dari kelapa sawit.
  6. Pemupukan kelapa sawit yang akan disebarkan haruslah benar-benar berbentuk remah, bukan gumpalan-gumpalan seperti yang terdapat pada pupuk Urea dan lain sebagainya. Jadi sebelum melakukan pemupukan kelapa sawit, perhatikan pupuknya jika sudah berbentuk remah baru boleh disebarkan, tetapi jika belum, gumpalan pupuk harus kita hancurkan menjadi remah.
  7. Gunakanlah selalu alat takaran pemupukan kelapa sawit supaya dosis pemupukan bisa tepat dalam penggunaannya. Pupuk memang baik untuk merangsang pertumbuhan buah kelapa sawit, tetapi jika berlebihan bukannya baik malah akan berakibat buruk.
Tempat Penaburan Pupuk pada Kelapa Sawit

Tempat untuk menabur pupuk atau lokasi yang dipilih sebagai tempat untuk melakukan pemupukan kelapa sawit adalah sebagai berikut :

  1.  Bokoran
  2.  Ujung bokoran
  3.  Ujung pelepah
Cara Pemupukan :
  • Top dressing, disebar dari atau langsung ditabur di atas tanah. 
  • Furrow application, di dalam rorak-rorak atau di pinggir guludan. 
  • Rorak atau guludan adalah gundukan dan saluran air. 
  • Sub Soil placement, memupuk dengan cara dibenam. 
  • Soil injection, dimasukkan dalam tanah dalam bentuk cairan. 
  • Stem injection, dimasukkan ke dalam batang. 
  • Nutritional spray, memupuk melalui daun.
Terakhir dan penting sekali diperhatikan. Pemupukan kelapa sawit harus dibedakan ketika tanaman sawit belum menghasilkan TBM ) dan ketika tanaman sawit yang sudah menghasilkan(TM).

Kedua kondisi ini berbeda cara pemupukannya.



UNTUK PEMESANAN PUPUK KELAPA SAWIT HUBUNGI :

Informasi Pemesanan Produk Hubungi :
Distributor Resmi PT. Natural Nusantara
DARNANTO kode N-569472
Phone/ sms/ Wa : 083865268226
Email : darnantonasa@gmail.com
www.distributornasaresmi.com

0 Response to "Tips Pemupukan Kelapa Sawit Agar Berbuah Banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel