Total Tayangan Halaman

Cara Mengatasi Penyakit Tanaman Akibat Jamur

Cara Mengatasi Penyakit Tanaman Akibat Jamur

Cara Mengatasi Penyakit Tanaman Akibat Jamur - Jamur penyebab penyakit pada tanaman sebenarnya tidaklah terlalu banyak jenisnya. Namun, penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur ini biasanya akan sangat merusak tanaman dari segi ekonomisnya. Munculnya penyakit pada tumbuhan karena jamur banyak ditemui di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia merupakan wilayah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

cara mengatasi penyakit tanaman akibat jamur

Jenis - jenis jamur pada tumbuhan serta penyakit tanaman yang disebabkan jamur antara lain sebagai berikut :

1. Jamur Pyihium dan Rhizoctonia
  • Jenis jamur ini menyerang bibit di persemaian. Bibit tampak mengering dengan warna coklat sampai hitam, kemudian mati dan batang yang ada di dalam tanah busuk.

    Jamur ini dapat menyerang semua jenis tanaman dan menyerang seluruh bagian tanaman tanpa memandang umur. Merupakan penyakit tanaman sayuran yang sangat berbahaya, dapat merusak pada tanaman di persemaian, daun, batang maupun akar. Kebanyakan orang mengenal sebagai penyakit lanas. Tanaman yang diserang seperti mendapat siraman air panas, lemah lunglai, layu dan akhirnya mati.

    Pencegahan dan pemberantasan penyakit pada tumbuhan akibat jamur ini dapat dilakukan dengan cara : Mengadakan rotasi tanaman yang baik, Jangan menanam tanaman yang mempunyai penyakit yang sama dengan tanaman sebelumnya, Tanaman yang menunjukkan gejala-gejala sakit harus segera dicabut.
2. Jamur alternaris brassicae
  • Penyakit jamur ini banyak menyerang tanaman kubis. Dari biji yang belum tumbuh hingga daun-daun yang sudah tua.
  • Cara mengatasi jamur pada tumbuhan ini bisa dilakukan dengan : Menyimpan biji atau benih dengan baik dan bersih.
3. Jamur Cercospora beticola
  • Menyerang daun pada tanaman di persemaian maupun di pertanaman, daun yang diserang wamanya menjadi kuning. Pencegahan dan pemberantasannya bisa dilakukan dengan cara : Mengadakan pergiliran tanaman yang baik.
4. Jamur Fusarium oxysporum
Menyerang daun bagian yang terbawah sehingga warnanva menjadi kuning, akhirnya rontok dan tanaman mati. Banyak terjadi di daerah-daerah yang suhunya tinggi.

Pengendali Hama dan Penyakit Nasa :



Paket Pengendali Jamur Organik Nasa Pada Tanaman : Gliocladium 100 gr, Corrin 100 gr, Greenstar 1 box ( 3 sachet ) 60 gr.

Berfungsi untuk :
  1. Mengendalikan berbagai macam penyakit akibat jamur seperti Blast, Kresek, Busuk Buah Antraknosa, Bercak Daun Cercospora, Embun bulu ( Downey Mildew ) dsb. 
  2. Menghancurkan inokulum atau sumber infeksi penyakit tanaman. 3. Mencegah penyebaran sumber infeksi penyakit tanaman. 
  3. Melindungi perkecambahan biji dan akar akar tanaman. 
  4. Aman terhadap lingkungan, manusia, dan hewan. 
  5. Bersifat hiperparasit terhadap pathogen penyakit tanaman, sehingga terjadi persaingan hidup dan nutrisi. 
  6. Mengandung Gliovirin dan Viridin yang akan mematikan pathogen penyakit tanaman. 
  7. Menjaga daya tahan tanaman dari penyakit yang disebabkan oleh jamur. 
  8. Meningkatkan produksi tanaman. 
Cara Penggunaannya : 1 Kotak Gliocladium dilarutkan dalam air atau dicampur dengan Pupuk Kandang sebanyak 25 kg didiamkan selama seminggu ditebarkan ke lahan seluas 1000 m2
Greenstar 1 sachet dan Corrin 1/3 kotak dilarutkan dalam 1 tangki air 14 17 liter, disemprotkan ke bagian bawah permukaan daun.

Demikian artikel cara mengatasi penyakit tanaman akibat jamur, semoga bermanfaat. Untuk info dan pemesanan produk hubungi.

DISTRIBUTOR RESMI PT. NASA
DARNANTO, Kode, N-569472
call/wa : 083865268226
Email : darnantonasa@gmail.com

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Tanaman Akibat Jamur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel