Total Tayangan Halaman

Cara Menanam Padi Di Polibag

Cara Menanam Padi Di Polibag

Cara Menanam Padi Di Polibag - Setiap tahun kita kehilangan ribuan hektar lahan pertanian yang dialih fungsikan menjadi sarana perumahan, pertokoan, dan lain-lain. Hal ini tentu sedikit besarnya akan berpengaruh terhadap menurunnya hasil produksi pertanian terutama makanan pokok seperti padi/ beras. Menanam padi dengan media polybag atau ember plastik ini walaupun tidak menjadi solusi bagi penambahan lahan pertanian dan peningkatan hasil pertanian namun diharapkan menjadi salah satu alternatif jika terus diperdalam dan dikembangkan.

cara menanam padi di polibag

Bagi yang tinggal di pedesaan bertanam padi seperti ini akan jadi tidak efektif, namun bagi yang tinggal di perkotaan bertanam padi menggunakan polybag mungkin akan jadi sebuah solusi yang bagus untuk mengatasi ketiadaan tempat. Selain itu bertanam padi dengan cara seperti ini bagus juga sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang, bahkan akan merasakan sensasi dan kebanggan yang luar biasa ketika padi yang di tanam dengan tangan sendiri tumbuh subur, buah menguning dan berisi.

Tahapan penanaman padi polybag

Bahan yang dibutuhkan :
  • Tanah
  • Polybag/ember plastik dengan diameter 30-40 cm
  • Pupuk Organik Nasa ( SUPERNASA, POC NASA, HORMONIK)
  • Benih padi
Perendaman Benih
  • Benih direndam POC NASA dan air, dosis 2 cc/lt air selama 6-12 jam. tiriskan dan masukkan karung goni, benih padi yang mengambang dibuang. Selanjutnya diperam menggunakan daun pisang atau dipendam di dalam tanah selama 1 – 2 malam hingga benih berkecambah serentak.
Pemeliharaan Pembibitan/Penyemaian
  • Persemaian diairi dengan berangsur sampai setinggi 3 – 5 cm. Setelah bibit berumur 7-10 hari dan 14-18 hari, dilakukan penyemprotan POC NASA dengan dosis 2 tutup/tangki.
Pemindahan benih
  • Bibit yang siap dipindah tanamkan ke polibag berumur 21-40 hari, berdaun 5-7 helai, batang bawah besar dan kuat, pertumbuhan seragam, tidak terserang hama dan penyakit. Larutkan  Supernasa dengan air secukupnya lalu siramkan ke media polibag secara merata.
Pemupukan
  • Semprot dengan POC NASA (10-14 hari, 25-28 hari, 42-45 hari ) dengan dosis 4-8 tutup/tangki
  • akan lebih bagus ditambah Hormonik ( dosis 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK /tangki )
Penyiangan
  • Penyiangan rumput-rumput liar seperti dilakukan 3 kali umur 4 minggu, 35 dan 55.
Pengairan
  • Penggenangan air dilakukan pada fase awal pertumbuhan, pembentukan anakan, pembungaan dan masa bunting. Sedangkan pengeringan hanya dilakukan pada fase sebelum bunting bertujuan menghentikan pembentukan anakan dan fase pemasakan biji untuk menyeragamkan dan mempercepat pemasakan biji.


Panen

  • Panen dilakukan jika butir gabah 80 % menguning dan tangkainya menunduk
BACA JUGA :
Untuk pemesanan produk dan info lainnya silahkan hubungi :
Distributor Resmi PT. Natural Nusantara
DARNANTO Kode N - 569472
Phone /wa / sms : 083865268226
Email : darnantonasa@gmail.com
Website : www.distributornasaresmi.com

0 Response to "Cara Menanam Padi Di Polibag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel